MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Saya Coba Hitung Jumlah Warga Muhammadiyah DIY dari Sholat Ied dan Begini Hasilnya! Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Setelah Ramadan, What Next? (Usaha Menjadikan Umat Islam Pelopor Kebaikan) Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Khutbah Jumat Dalil Hutang Piutang Orang Tua yang Harus Kita Hormati Pertama Kali Adalah Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony

Warga Bedug Melepas Kepulangan Mubaligh Hijrah Muallimin Jogja

GUNUNGKIDUL – Dua santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Ananda Yusan Dino Pratama dan Fikri mengakhiri masa Mubaligh Hijrah di Dusun Bedug, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Mubaligh Hijrah merupakan kegiatan dakwah sosial keumatan dan kemanusiaan bagi santri Mu’allimin untuk mendakwahkan ilmu agama, sosial dan kemanusiaan bagi warga di daerah sasaran.    

Sekitar 100 warga bedug melepas kepulangan 2 Mubaligh Hijrah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tersebut pada Senin, 10 April 2023. Selama 20 hari berdakwah di Dusun Bedug, Yusan Dino mengatakan mereka mengaktifkan kegiatan TPA bagi anak-anak di mushola Al Ikhlas Bedug dengan mengaji bersama, menghafal do’a-do’a, bermain dan belajar ilmu sosial. Selain itu juga menyelenggarakan Salat Tarawih, kultum ba’da Subuh dan tadabur alam. 

Melihat Musala Al Ikhlas yang masih minim fasilitas, Yusan Dino dan Fikri menggalang donasi pembelian TOA dan Paket Sembako, dan keduanya direspon dengan baik oleh para donatur dengan terbelinya TOA dan paket sembako bagi 60  warga bedug dan driver AmbulanMu.

Menanggapi berakhirnya masa Mubaligh Hijrah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Girikarto Heri mengatakan bahwa kehadiran 2 Mubaligh Hijrah di tempatnya telah memberikan arti bagi warga, tidak hanya aktifnya kembali TPA  dan kegiatan masjid, tapi juga banguan TOA dan Sembako yang dirasakan sangat bermanfaat bagi warga bedug.

Senada dengan Heri, Perangkat Dusun Marjiyono dan Kepala Dusun Bedug juga menyampaikan hal yang sama. “Berat kehilangan 2 santri Mu’allimin ini karena sudah sangat dekat dengan warga dan terkhusus anak-anak yang sudah dilatih mengaji, berdoa dan belajar bersama, bahkan sampai mengikuti lomba dan juara,” ungkapnya. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here