MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Saya Coba Hitung Jumlah Warga Muhammadiyah DIY dari Sholat Ied dan Begini Hasilnya! Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Setelah Ramadan, What Next? (Usaha Menjadikan Umat Islam Pelopor Kebaikan) Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Khutbah Jumat Dalil Hutang Piutang Orang Tua yang Harus Kita Hormati Pertama Kali Adalah Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony

Talkshow Nasional PPNA Kupas Kampanye Pencegahan Perkawinan Anak

Foto: himsa/mediamu.com

JAKARTA – Semarak Milad Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) yang menginjak usia 90 tahun dalam masehi dan 93 tahun dalam hijriyah dimeriahkan Talkshow Nasional bertema “Peningkatan Kapasitas Kader Nasyiatul ‘Aisyiyah untuk Kampanye Pencegahan Perkawinan Anak”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 3-4 Agustus 2021 melalui teleconference.

Di hari pertama, talkshow dimulai pukul 08.30 WIB dan diikuti 192 peserta kader Nasyiah dari berbagai level pimpinan dan wilayah di seluruh Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara, di antaranya Rita Pranawati (Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia/KPAI), Abidah Muflihati (MPK PP Muhammadiyah), serta Mohd. Agoes Aufiya (Ketua PCIM India, YouTuber).

Pemaparan materi diawali Rita yang mengupas data dan kebijakan mengenai perkawinan anak. Ia menyampaikan beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya perkawinan anak, yakni faktor ekonomi, kultur, pola asuh, pornografi dan kesalahpahaman kespro, maupun pemahaman agama. Selain itu, dorongan melakukan perkawinan ini dapat terjadi akibat paksaan orang tua maupun keinginan sang anak sendiri. NA, kata Rita, bisa membantu memberi edukasi ke orang tua.

Selanjutnya, Abidah memaparkan fenomena perkawinan anak dalam perspektif Islam. Mengenai usia kedewasaan dalam hukum Islam terdapat dua kategori syarat yang harus terpenuhi, yaitu adanya kematangan harta dan fisik. Ia pun menyinggung diskusi yang paling sering diangkat, yakni mengenai pernikahan Rasulullah SAW dengan ‘Aisyah r.a. Dalam penjelasan beliau, informasi usia ‘Aisyah yang selama ini dikatakan 6 tahun saat menikah dengan Rasulullah SAW ternyata belum dapat dipastikan sepenuhnya benar.

Tak kalah menarik materi disampaikan Mohd. Agoes Aufiya yang merupakan Ketua PCIM India. Laki-laki yang juga menjadi YouTuber dengan 493 ribu subscriber ini banyak berbagi mengenai tips membuat kampanye pencegahan perkawinan anak di media sosial. Ia memotivasi para peserta untuk terus produktif membuat konten. “Makin banyak video yang kita upload, maka kemungkinan besar akan semakin banyak ditonton,” tegasnya. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here