MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Saya Coba Hitung Jumlah Warga Muhammadiyah DIY dari Sholat Ied dan Begini Hasilnya! Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Setelah Ramadan, What Next? (Usaha Menjadikan Umat Islam Pelopor Kebaikan) Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Khutbah Jumat Dalil Hutang Piutang Orang Tua yang Harus Kita Hormati Pertama Kali Adalah Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony

Muhammadiyah Tambah Hebat, Rilis Tablet Pembelajaran Edutab-Mu

Penyerahan Edutab-Mu kepada beberapa perwakilan guru dari sekolah. Foto: Ahimsa/mediamu.com

YOGYA – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), Selasa (17/8), Muhammadiyah merilis Edutab-Mu, tablet pembelajaran yang mengenalkan “digital learning accelerator”. Ini adalah kerjasama Muhammadiyah melalui Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, bersama Enuma Inc.

Enuma adalah startup yang berdiri di Korea Selatan dan menjadi pemenang Global Learning XPRIZE, kompetisi akbar bagi aplikasi-aplikasi pembelajaran anak. Sebagai mitra Lazismu, Enuma berkontribusi menyediakan aplikasi Sekolah Enuma yang bertujuan membantu anak belajar literasi, numerasi, serta bahasa. Program ini ditargetkan untuk siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2.

Aplikasi Edutab-Mu didesain bisa digunakan secara offline. “Saya percaya bahwa ini akan sangat berarti untuk kita, para murid kita, untuk negeri kita, agar dapat membantu pendidikan tidak hanya saat pandemi tapi juga turut menjawab persoalan kesenjangan antar daerah dan antar pulau,” kata Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D, Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, dalam Bahasa Inggris.

Miss Sooinn Lee, CEO sekaligus pendiri Enuma, mengatakan bahwa aplikasi Sekolah Enuma elah diujicobakan kepada 600 anak di Lampung dan Medan. Terdapat fitur suara dalam buku-buku yang membantu anak membaca, video animasi dan materi yang menyediakan subtitle, serta game-game interaktif dengan aturan permainan yang mudah dipahami.

Turut pula memberi sambutan dan ucapan selamat Mr. Junhan Kim dari KOTRA (Korean Trade-Investment Promotion Agency Embassy of the Republic of Korea) dan Dr. Siti Noordjannah Djohantini, M.M., M.Si (Ketua Umum PP ‘Aisyiyah). Keduanya menyampaikan apresiasi yang teramat besar atas kerjasama pihak-pihak yang terlibat. “Anak-anak kami akan mendapatkan harapan melalui Edutab-Mu,” tutur Noordjannah.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., dalam pidato utama menyampaikan empat aspek yang dijawab program ini, yakni gadget, internet, budget, dan mindset. Kesediaan gadget yang masih terbatas di masyarakat berusaha diatasi dengan pengadaan Edutab-Mu.

Kendala internet yang menuntut budget coba ditekan dengan penyediaan media pembelajaran yang bisa diakses secara luring. Ia menekankan pentingnya mengubah mindset, “It is the most essential than others.” Para pendidik perlu menyadari bahwa kondisi saat ini berbeda dibandingkan sebelumnya, sehingga harus mau belajar lagi. Percuma disediakan teknologinya, tapi pola pikir masih sama.

Edutab-Mu diharapkan dapat mewujudkan tiga hal. Pertama, joyful learning yakni para peserta didik dapat gembira dalam belajar. Kedua, mindful learning memberi pembelajaran interaktif dan mendorong anak-anak untuk aktif mau menganalisis dan berpikir kritis. Ketiga, meaningful learning dimana anak-anak bisa meraih ilmu dan keterampilan yang bermanfaat.

Melalui video, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si, menyampaikan harapan agar program ini dapat menciptakan pembelajaran efektif, efisien, dan berkemajuan. Sehingga lahir insan cerdas, berakhlak mulia, yang juga mampu berperan dalam kehidupan.

Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) dan Dr. HC. H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. (Wakil Ketua MPR RI) turut memberi ucapan selamat dan pandangan positifnya terhadap program ini. Keduanya menyampaikan lewat tayangan video.

Setelah itu, diadakan acara penyerahan secara simbolis sertifikat dari Lazismu yang diwakili Hilman Latief kepada Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah serta penyerahan Edutab-Mu kepada beberapa perwakilan guru dari sekolah-sekolah. Di antaranya adalah SD Muhammadiyah Kadisoka, SD Insan Kreatif Kembaran, TK ABA Pring Wulung, TK ABA Notoprajan, serta TK ABA Baitul Ihsan.

Sebelum penutupan disampaikan tanggapan dan kesan dari H.E. Umar Hadi (Duta Besar RI untuk Korea Selatan), Dr. H. Sungkowo, M.M.Si (Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, serta Dra. Hj. Fitni Wilis, M.Pd (PP ‘Aisyiyah). Perusahaan Alfamart memberikan dukungannya yang diwakili Solihin (Corporate Affairs Director PR Sumber Alfaria Trijaya Tbk). (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here