MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Saya Coba Hitung Jumlah Warga Muhammadiyah DIY dari Sholat Ied dan Begini Hasilnya! Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Setelah Ramadan, What Next? (Usaha Menjadikan Umat Islam Pelopor Kebaikan) Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Khutbah Jumat Dalil Hutang Piutang Orang Tua yang Harus Kita Hormati Pertama Kali Adalah Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony

YouTuber Berbagi Tips di Talkshow Nasional NA

Hari kedua talkshow nasional dalam rangka Milad NA, Rabu (4/8). Foto: Ahimsa/mediamu.com

JAKARTA – Hari kedua talkshow nasional bertema “Peningkatan Kapasitas Kader Nasyiatul ‘Aisyiyah untuk Kampanye Pencegahan Perkawinan Anak” oleh Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah (PPNA) dilaksanakan Rabu (4/8). Sejak hari pertama (Selasa, 3/8) kegiatan untuk menyemarakkan milad NA ini berhasil mengumpulkan kader Nasyiah dari seluruh Indonesia di berbagai level pimpinan dalam satu ruang teleconference.

Pada hari kedua ini, 150 lebih peserta menyimak pemaparan materi dari Mohd. Agoes Aufiya, Ketua PCIM India yang juga produktif menjadi YouTuber. Agoes berasal dari Martapura, Kalimantan, dan kini sedang menempuh studi di Jawaharlal Nehru University, New Delhi, India. Konten-konten YouTube yang diunggahnya banyak menceritakan realita kondisi masyarakat maupun kehidupan pribadinya selama tinggal di negara asal aktor Shah Rukh Khan itu.

Telah memiliki lebih dari 494 ribu pelanggan dalam kanal YouTube-nya, Agoes berbagi tips dan trik kepada kader NA mengenai cara membuat kampanye kreatif untuk menyuarakan perlawanan terhadap perkawinan anak. Ia mengenalkan berbagai fitur penting dalam platform YouTube, seperti thumbnail, hastag, dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk mengundang ketertarikan para warga net agar bersedia menonton video karya kita.

Sebelum mengunggah video, proses editing video perlu dilakukan dengan optimal. Penggunaan filter dan backsound yang tepat akan membuat video lebih hidup dan berkesan. “Butuh terus diasah dan cari informasi dari video-video lain,” kata Agoes saat menjelaskan mengenai cara mencari inspirasi membuat sebuah konten. Meskipun yang dibahas lebih banyak YouTube, para peserta juga dikenalkan dengan platform menarik lainnya, seperti Tiktok.

Dede Dwi Kurniasih, salah satu panitia kegiatan, berbagi penjelasan dan contoh konten-konten di Tiktok. Media ini memang menjadi media yang sangat cocok untuk memberi edukasi singkat dan memikat. Para kader NA didorong dapat memanfaatkan Tiktok sebagai salah satu media edukasi pencegahan perkawinan anak. “Karena durasinya cuma 15 detik, jadi gimana caranya kasih yang penting, pastikan ada isi pesannya, jangan kosong,” pesan Dede.

Kegiatan ini semakin mengundang antusiasme peserta ketika panitia mengumumkan bahwa setelah acara usai akan diadakan lomba konten Tiktok. Akan diambil 8 hingga 9 video paling menarik dan mendapatkan hadiah apresiasi masing-masing Rp 500.000. Kegiatan lomba ini dilaksanakan sampai 6 Agustus nanti dan dibuka hanya untuk para peserta yang hadir dalam talkshow nasional tersebut. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here